Sumber – sumber Kreativitas dalam Pengelolaan Usaha

Wirausaha dapat memanfaatkan berbagai sumber untuk menghasilkan Ide-ide kreatif dalam menjalankan usahanya. Meliputi pelanggan, barang dan jaaa yang dihasilkan saat ini, saluran distribusi, pemerintah serta kegiatan R&D.

Pelanggan potensial merupakan salah satu hal yang harus menjadi pusat perhatian jika seorang ingin memulai sebuah usaha atau meningkatkan kualitas usahanya. Wirausaha dapat memperoleh info dari pelanggan, baik secara formal maupun informal. Secara formal maupun informal, pelanggan maupun calon pelanggan dapat diminta untuk menceritakan tentang produk atau jasa apa sajakah yang mereka inginkan atau perlukan salam mengatasi berbagai kebutuhan mereka.

Barang dan jasa yang dihasilkan oleh wirausaha saat ini harus selalu dimonitor dan dievaluasi dibandingkan dengan barang dan jasa yang dihasilkan oleh pesaing. Wirausaha perlu memiliki sebuah metode monitoring dan evaluasi formal untuk dapat melakukan analisis terhadap situasi di pasar saat ini dan menemukan cara-cara untuk memperbaiki kualitas barang dan jasa secara terus menwrus. Dengan demikian, wirausaha akan selalu mendapatkan peluang untuk lebih dikenal di pasar, meningkatkan penjualan serta memperoleh keuntungan yang lebih besar dari waktu ke waktu.

Anggota saluran distribusi juga dapat menjadi sumber ids-ide baru yang kreatif karena mereka sangat memahami kebutuhan pelanggan di pasar yang ditangani. Melalui anggota saluran distribusi, wirausaha dapat memperoleh informasi mengenai respon pelanggan atas produk di pasar sehingga memunculkan ide-ide kreatif untuk dapat terus memenuhi kebutuhan pelanggan secara lebih tepat dan memuaskan.

Sumber kreativitas terbesar seorang wirausaha adalah upaya-upaya R&D yang dijalankan dalam usahanya. Kegiatan R&D dapat dilakukan di berbagai skala usaha, baik itu untuk usaha rumahan yang tengah menguji resep makanan dalam kemasan yang diproduksi hingga usaha besar kelas dunia seperti Microsoft yang melakukan pengembangan software baru atau McDonald’s yang tengah mengembanglan Happy Meal yang lebih menarikK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s