“Sampai tingkat tertentu keberhasilan sebagai seorang wirausaha tergatung kepada kesediaan anda untuk bertanggung jawab atas pekerjaan anda sendiri”

 

Anda harus belajar banyak tentang diri sendiri, jika anda bermaksud untuk menvapai tujuan yang sesuai dengan apa yang paling anda ingingkan dalam hidup ini. Kekuatan anda datang dari tindakan-tindakan anda sendiri dan bukan dari tindakan orang lain. Meskioun risiko kegagalan selalu ada, para wirausaha mengambil risiko dengan jalan menerima tanggingjawab atas tindakan mereka sendiri. Kegagalan harus diterima sebagai pengalaman belakar. Beberpa wirausaha berhasil setelah mengalami banyak kegagalan. Belajar dari pengalaman lampau akan membantu anda menyalurkan kegiatan-kegiatan anda untuk mecapai hasil-hasil yang lebih positif. Dan keberhasilan merupakan buah dari usaha-usaha yang tidak mengenal lelah.

 

Kejarlah tujuan-tujuan yang berhubungan dengan kemampuan-kemampuan dan keterlampilan-keterlampilan anda. Terimalah diri anda sebagaimana adanya, dan cobalah tekankan kekuatan-kekuatan anda dan kurangilah kelemahan-kelamahan anda. Jika anda secara jujur dan agresif mengejar tujuan-tujuan ini, anda akan dapat mencapai hasil-hasil yang posirif. Berorientasi kepada tujuan akan mendorong munculnya sifat-sifat anda yang paling baik. Lakukanlah hal-hal yang penting bagi anda dan yang dapat anda kerjakan dengan paling baik.

 

Kebanyakan orang tidak menyadari luasnya bidang dimana mereka dapat menetukan tindakan-tindkannya. Mencapai kesempurnaan merupakan sesuatu yang ideal dalam mengejar tujuan, tetapi bukan merupakan sasaran yang realistik bagi kebanyakan wirausaha. Hasil-hasil yang dapat diterima lebih penting daripada hasil-hasil yang sempurna. Berusaha mencapai suatu hasil yang sempurna demi satu tujuan dalam jangka waktu yang terlalu lama hanya akan menghambat perkembangan dan pertumbuhan pribadi anda.

Sumber : Kewirausahaan : Teori dan praktik – Geoffrey G. Meredith et al.

Iklan