Mengambil Keputusan

 

 

” seorang wirausaha harus kreatif,  terutama dalam mengambil keputusan. Anda harus punya kepercayaan diri yang teguh dan yakin bahwa mampu membuat keputusan-keputusan yang tepat. Kemampuan membuat keputusan inilah yang membedakan seorang wirausaha dari yang lain.”

 

Masa depan organisasi ditentukan oleh putusan anda. Pada umumnya semakin penting keputusan yang anda ambil, semakin sedikit informasi relevan yang tersedia. Data kuantitatif biasanya tersedia untuk mengambil keputusan rutin; tetapi fakta dan angka ini kerap tidak berarti bagi keputusan tingkat Puncak yang mempengaruhi masa depan organisasi.

 

Dalam perusahaan besar, manajemen senior biasanya mengambil keputusan atas dasar data dan dokumentasi perusahaan yang terdapat dalam survei, laporan, dan anjungan komite. Informasi ini biasanya telah dihimpun dengan cara yang baku, sesuai dengan teknik-teknik pemecahan persoalan. Sebuah persoalan utama dapat dibagi-bagi sehingga sebagian dari padanya dapat dipecahkan dengan segera – biasanya karena ada kebutuhan mendesak yang hasilnya cukup pasti.  Biasanya suatu, keputusan dicapai melalui prosedur tetap, yang dimengerti dengan baik, oleh manajemen; dan, mungkin ini hasil, musyawarah, karena banyak orang yang tidak bersedia memikul tanggungjawab pribadi atas keputusan tadi.

 

Sebagai wirausaha anda harus kreatif daripada manajer konvensional, karena anda harus membuat putusan baik tanpa bantuan data kuantitatif atau dengan dukungan staf yang berpengalaman. Mungki anda harus memandang sebuah persoalan dari pelbagai sudut dan mencari cara baru untuk memecahkannya. Anda harus, memutar otak dengan mengansalkan intuisi dan ide-ide anda.

 

Sumber : Kewirausahaan : Teori dan praktik – Geoffrey G. Meredith et al.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s